Selasa, 15 September 2020

KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP BAGIAN II

 



Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti. (QS. Al-Hujurat Ayat 13)

Dari ayat tersebut manusia diciptakan berbeda suku dan bangsa agar saling mengenal, dan ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang.

Jadi perbedaan bukan untuk saling menjatuhkan satu dengan lainnya, tetapi untuk saling mengenal dan menyayangi.

Begitu juga dengan mahluk hidup selain manusia diciptakan dengan berbagai macam variasi rupa dan bentuk serta fungsinya. 

Diantara perbedaan pasti ada persamaan lalu ada dikelompokkan atau istilah kerenya diklasifikasikan. Jadi Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimiliki

Mengapa perlu klasifikasi mahluk hidup? yaitu untuk:
untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.

Manfaatnya klasifikasi makhluk hidup adalah Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam dan juga untuk Mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

Klasifikasi makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup, misalnya bentuk tubuh atau fungsi alat tubuhnya. Makhluk hidup yang memliliki ciri yang sama dikelompokkan dalam satu golongan. Contoh klasifikasi makhluk hidup adalah:

  • Berdasarkan ukuran tubuhnya. Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi pohonperdu, dan semak.
  • Berdasarkan lingkungan tempat hidupnya. Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di lingkungan kering (xerofit), tumbuhan yang hidup di lingkungan air (hidrofit), dan tumbuhan yang hidup di lingkungan lembap (higrofit).
  • Berdasarkan manfaatnya. Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tanaman obat-obatantanaman sandangtanaman hiastanaman pangan dan sebagainya
  • Berdasarkan jenis makanannya. Contoh: Hewan dikelompokkan menjadi hewan pemakan daging (karnivora), hewan pemakan tumbuhan (herbivora), dan hewan pemakan hewan serta tumbuhan (omnivora).

Ilmu yang mempelajari klasifikasi mahluk hidup disebut juga Taksonomi dan Carolus Linnaeus (dari Swedia) adalah Bapak Klasifikasi mahluk hidup.

Pada 1735, Carolus Linnaeus menerbitkan edisi pertama Systema Naturae (The System of Nature), berupa pamflet kecil yang menjelaskan sistem klasifikasi alam yang baru. 

Sekilas info: Tahun 1735 di Indonesia belum dalam negara kesatuan seperti skarang ini, tetapi masih berbentuk kerajaan-kerajaan. Dan para raja berjuang melawan penjajah kolonial Belanda yang ingin menguasai hasil kekayaan alam di negeri ini.

Kembali lagi ke Mr. Carolus Linneaus, beliau mengelompokkan mahluk hidup berdasarkan banyaknya persamaan yang dimiliki antar mahluk hidup.

Urutan tingkatan pengelompokkan mahluk hidup seperti di bawah ini


Keterangan gambar:
Kingdom = kerajaan
Filum/Divis = Keluarga besar: Filum untuk Hewan; Divisi untuk Tumbuhan
Class = kelas
Ordo = Bangsa
Famili = Suku
Genus = Marga
Spesies = Jenis

Berikut contoh urutan takson untuk hewan kucing, belalang dan harimau



Keterangan tabel.
Kucing dan harimau memiliki kekerabatan yang dekat karena memiliki banyak persamaan. 
Sedangkan kucing dan belalang sedikit memiliki persamaan yaitu hanya satu sama-sama dari duani hewan, tapi bentuk tubuh, jenis makanan dan yang lainya tidak sama.

Mr. Carolus Linneaus juga menentukan penamaan ilmiah setiap mahluk hidup berdasarkan 'tata nama ganda' atau 'Binomial Nomenklatur'.
Aturannya sebagai berikut:
  1. Nama ilmiah mahluk hidup terdiri dari dua (2) kata
  2. Kata pertama menunjukkan Genus/Marga yang diawali dengan hurus besar
  3. Kata kedua menunjukkan Spesies/Jenis yang diawali dengan huruf kecil
  4. Penulisannya ditulis miring atau digaris bawahi jika tulisannya tegak.
Contoh: 
Nama ilmiah Kucing: Felis catus atau Felis catus

Kata Felis menunjukkan Genus/Marga diawali huruf besar 'F' dan catus menunjukkan spesies/jenis diawali huru kecil 'c'.

Mahluk hidup awal mulanya dikelompokkan menjadi dua kingdom yaitu hewan dan tumbuhan. Pada tahun 1969 Robert H. Whittaker mengelompokkan makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu MoneraProtistaFungiPlantae, dan Animalia. Pengelompokan ini berdasarkan pada susunan sel, cara makhluk hidup memenuhi makanannya, dan tingkatan makhluk hidup.

Mari kita bahas 5 kingdom dari Mr. Whittaker ini:

1. Monera
 Anggota kingdom Monera meliputi makhluk hidup yang terdiri atas satu sel (uniselular), sesuai dengan asal kata dari bahasa Yunani, moneres yang berarti tunggal. 
 Contoh anggota kingdom monera

Bakteri di atas adalah bakteri jahat. 
Salmonella thyposa = penyebab penyakit typus 
Mycobacterium tuberkolosis = penyebab penyakit TBC
Shigella dysentriae = penyebab penyakit disentri 

Tapi ada juga bakteri yang bermanfaat bagi manusia.
Bakteri Lactobacillus strain berguna melawan bakteri jahat yang ada di usus guna memperkuat fungsi pencernaan

 

GANGGANG BIRU -CYANOBACTERIA

Karena mampu melakukan fotosintesis, Cyanophyta berperan sebagai penyedia oksigen bagi perairan.

Bakteri Streptomyces griceus menghasilkan jenis antibiotik streptomisin  mengobati infeksi, seperti mycobacterium avium complex (MAC), tularemia, endocarditis, wabah, infeksi saluran kemih, dan pneumonia yang dicampurkan dengan obat lain.

 Ciri utama anggota kingdom Monera adalah belum memiliki membrane inti sel  sehingga disebut prokariotik (dari bahasa Yunani: Pro sebelum, karyon=nucleus).

2. Protista
Sebagian besar anggota kingdom protista merupakan organism bersel tunggal (uniseluler), beberapa membentuk koloni, dan hanya yang sedikit yang bersel banyak (multiseluler).  

Hampir semua protista merupakan organism akuatik, baik air tawar maupun air laut, dan beberapa jenis hidup di dalam tubuh makhluk hidup lain.

Protista lebih tinggi dari monera karena sudah memiliki membran inti sel (eukariotik)

Protista dibagi menjadi 3 kelompok: Protista mirip hewan, protista mirip tumbuhan dan protista mirip jamur.

a. Protista menyerupai hewan
Dikatakan mirip hewan karena memilik alat gerak dan dapat berpindah posisi. Contoh Protista mirip hewan yaitu:



b. Protista menyerupai tumbuhan

Mengapa dikatakan menyerupai tumbuhan karena kelompok protista ini memiliki kloropas sehingga dapat berfotosintesis.

Contoh Protista menyerupai tumbuhan


c. Protista menyerupai Jamur
Mengapa dikatakan menyerupai jamur, karena tubuh golongan protista ini menghasilakan spora yang merupakan ciri khas dari jamur. 

Contoh protista menyerupai jamur
*jamur lendir

*Jamur air



Pembahasan 3 kingdom selanjutnya dibahas pada pertemuan berikutnya.

sumber wikipedia,https://abeldsetiawan12.wordpress.com/, situs2 lainya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar