Selasa, 15 September 2020

BAB II PERANAN TIK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

 Hampir semua bidang kegiatan manusia dipegang oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) begitu pula perkembangan TIK semakin hari semakin cepat. Berikut Peranan TIK dalam kehidupan manusia

1. Komunikasi 
Dulu manusia berkomunikasi melalui telepon dan pesan singkat (SMS), tetapi sekarang ini alat komunikasi sudah terhubung dengan internet jadi komunikasi lebih cepat tidak hanya bertelepon dan sms tetapi bisa kirim data serta vidio call.

2. Transaksi perbankan secara digital
Sekarang ini kita tidak harus transfer uang melalui atm atau mengecek uang yang diterima, membayar tagihan maupun buka tabungan di bank,  karena semua itu sudah bisa dilakukan dengan online lewat smartphone atau laptop. Jadi memudahkan pekerjaan manusia dari sisi waktu dan tenaga.


3. Belanja online (e-commerce)
Transaksi belanja online meningkat tajam khususnya di masa pandemi ini karena mudah dalam memilih barang maupun cara membayaranya. 



4. Media sosial
Media sosial membuat jaringan pertemanan melewati ruang dan waktu, artinya dengan media sosial kita mendapatkan teman tidak hanya dari sekolah atau rumah saja tapi bisa dimana-mana, dari dalam negeri maupun luar negeri, Serta kita bisa berbagi pengalaman atau ide-ide yang bagus di dunia media sosial.


5.Otomotif
Teknologi kini memasuki dunia otomotif, pernahkah kalian mendengar atau melihat mobil bisa jalan sendiri tanpa dikemudikan oleh sopirnya. Ini contoh dari penggunaan TIK, mobil dihubungkan dengan internet dan mobil memiliki sensor jalan.

6. Sistem Keamanan
Sistem keamanan kini dilengkapi dengan teknologi informasi, seperti kamera pengawas yang terhubung dengan internet sehingga bisa dipantau dari mana saja melalui smartphone kita. 
 


7. Pelayanan publik digital

Pendaftaran data penduduk sudah mulai beralih ke data digital, sehingga menghemat waktu dan tempat serta kertas

8. E-Health (Electronic Health)/Layanan kesehatan berbasis online
Layanan kesehatan berbasis online ada bermacam-macam. Jenisnya bisa bisa diuraikan berdasarkan tiga tipe pengguna utamanya, yaitu: 
  • e-Health untuk Konsumen, 
  • e-Health untuk Penyedia Layanan Kesehatan 
  • e-Health untuk Para Akademisi dan Peneliti

9. Simulasi Virtual Realitiy
Latihan membawa pesawat atau praktek membedah dokter muda kini bisa dilakukan dalam ruangan yang terhubung dengan TIK, Jadi seakan-seakan kejadianya nyata,  tetapi hanya rekayasa digital saja.


10. Chatbot (Chat Robot)
Yaitu pelayanan pesan otomatis yang disampaikan oleh chatbot, sehingga pelayanan publik tetap terlayani dan cepat penyelesaianya.


Masih banyak lagi peranan TIK yang memudahkan kegiatan manusia, tetapi selain dampak positif perkembangan TIK pasti ada dampak negatifnya. 

Berikut beberapa dampak negatif dari perkembangan tekonologi informatika.

1. Ekonomi
  • Dengan kemudahan e-money masyrakat semakin konsumtif dalam berbelanja online
  • Pedagang tradisional berkurang pendapatanya karena tidak bisa bersaing dengan pedagang yang menggunakan teknologi informasi.
2. Industri
  • Berkurangnya tenaga kerja manusia karena digantikan oleh robot dan mesin
  • Sumber daya manusia semakin menurun karena bersaing dengan kemampuan robot 

3. Sosial Budaya
  • Berkurangnya empati terhadap kesusahan orang lain.
  • Berkurangnya etika dan tata krama karena terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget
  • Meningkatnya kejahatan di dunia nyata dan dunia maya (ciber crime). Dan kebanyakan korbanya anak-anak baik korban kejahatan bullying maupun kejahatan seksual
  • meningkatnya pornografi dan pornoaksi
4. Keamanan data pribadi
  • Meningkatnya kejahatan pencurian data khususnya dunia perbankan dan belanja online
  • Menigkatnya ketrampilan penjahat ciber crime untuk mencuri data pribadi 
  • Meningkatnya penipuan di dunia maya
5. Ketrampilan pekerjaan berkurang

Akibat pemakaian simulator virtual meningkat sehingga memudahkan latihan ketrampilan suatu pekerjaan, tetapi simulator virtual tetap tidak sama dengan latihan di dunia real, seperti ketrampilan seorang calon dokter membedah pasienya dengan simulator virtual berbeda dengan membedah langsung tubuh pasienya. Karena data-data disimulator virtual belum 100% mewakili dunia nyata. Jadi latihan dengan benda sesungguhnya tetap diperlukan.

6. Kesehatan
  • Mata menjadi cepat lelah dan daya fokusnya berkurang (bisa bertambah plus/minus/silinder). Karena efek melihat gadget berjam-jam.
  • Daya tahan menurun karena jarang berolah raga, Waktu banyak dihabiskan dengan duduk atau tiduran
  • Kencanduan dengan game online sehingga tidak mengenal waktu makan, tidur, bersosialisasi, dst.


Jadi kita harus bijaksana menggunakan teknologi informasi ini, dan berpegang teguh pada ajaran agama. InshaAllah selamat dunia dan akhirat. aamiin...


                         sumber: wikipedia, tribunnews, kompasiana, liputan6, dll                  


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar