Selasa, 04 Agustus 2020

JARINGAN INTERNET DAN KOMPUTER (BAG. II)

INTERNET SERVICE PROVIDER
 (Penyedia jasa Internet)


ISP adalah perusahaan yang memiliki jaringan cukup luas. Biasanya mereka bekerja secara domestik maupun untuk keperluan internasional. Melalui cara ini pengguna ISP dapat tersambung pada jaringan internet di penjuru dunia atau global. Jaringan yang disediakan pun beragam mulai berupa data kabel seperti modem, persewaan kabel hingga jalur lebar (broadband), radio, hingga VSAT. Selain itu juga termasuk pula adanya layanan berupa server, router dan lainnya. Sedangkan biaya yang akan dibebankan kepada pelanggan oleh ISP ini akan dibayarkan sesuai kebutuhan selama kurun waktu tertentu biasanya dalam satu bulan sekali.

Perkembangan internet di Indonesia mulai marak ketika memasuki era 90-an, terutama pada tahun 1995 yang ditandai dengan kemunculan Internet Service Provider (ISP) pertama. ISP ini muncul untuk menjawab kebutuhan pasar dengan kecepatan atau bandwidth 14.4 kbps hingga 28.8 kbps. Seiring berjalannya waktu keberadaan ISP pun banyak bermunculan di Indonesia. Bahkan saat ini jumlahnya bisa dikatakan sangat pesat dan antar perusahaan penyedia jasa internet ini memiliki cara dan pelayanan masing-masing untuk menarik konsumen dan pasar. Terutama bagi perusahaan besar seperti media.


MENGAKSES INTERNET LEWAT JARINGAN KOMPUTER (LAN) 

 Kita dapat mengakses internet secara bersama-sama. Untuk mengakses internet secara bersama-sama dalam suatu ruangan atau gedung, kita dapat menggunKaan suatu sistem jaringan komputer.

Tujuan dibentuk jaringan komputer adalah untuk menghubungkan komputer sehingga informasi yang disimpan secara elektronis dapat dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya. 

Ketika membangun jaringan LAN, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah jumlah dan kebutuhan pengguna serta kecepatan akses yang diberikan ISP. jumlah pengguna yang banyak dan kecepatan akses yang terbatas dapat membuat akses internet lambat. sebaliknya  kecepatan akses yang tinggi dengan jumlah pengguna yang sedikit akan membuat bandwidth yang dibeli menjadi pemborosan. 

jika jaringan lokal yang dibangun menggunakan nirkabel atau WIFI, perangkat yang digunakan harus dilenkapi dengan WIFI card atau telah mendukung teknologi WIFI, Notebook dan handphone keluaran saat ini umumnya sudah dilengkapi teknologi WIFI.


AKSES INTERNET MELALU PONSEL


Handphone saat ini sudah bisa dijadikan modem atau hotspot sehingga dapat  dihubungkan ke komputer atau handphone lainnya.
Ada 3 cara yang dapat kamu lakukan jika ingin menyambungkan internet dari HP ke sebuah laptop,yaitu:

1. Menyambungkan Internet HP Ke Laptop Menggunakan Kabel USB 
2. Menyambungkan Internet HP Ke Laptop Dengan Cara Tethering
3. Menyambungkan Internet HP Ke Laptop Dengan Bluetooth


sumber: wikipedia, buku informatika 8 erlangga, dan blogspot2 lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar