Minggu, 26 Juli 2020

JARINGAN NTERNET DAN KOMPUTER




Sejarah Internet

Internet berasal dari istilah Interconnected Network yang artinya sekumpulan komputer yang saling terhubung pada jaringan komputer di seluruh dunia. 

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan
yang  dinamakanARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pendahulu

Sebelum Internet muncul, telah ada beberapa sistem komunikasi yang berbasis digital, salah satunya adalah sistem telegraf yang sering kali dianggap sebagai pendahulu Internet. Sistem ini muncul pada abad ke-19, atau lebih dari seratus tahun sebelum internet digunakan secara meluas pada tahun 1990-an. 


Teknologi telegraf sendiri berasal dari konsep yang ada bahkan sebelum komputer modern pertama diciptakan, yaitu konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti radio atau kabel. Namun teknologi ini masih terbatas karena hanya mampu menghubungkan maksimal dua perangkat.

Perkembangan terjadi antara lain dalam bentuk jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang meningkat. Namun kesulitan masih terjadi karena hubungan antara dua alat komunikasi tersebut harus terjadi secara fisik, misalnya melalui kabel. Sistem seperti ini tentu tidak aman karena dapat dengan mudah diputus khususnya saat terjadi perang.

Tahun 1972, Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail yang telah ia ciptakan untuk ARPANET. Program yang ditujukan untuk surat-menyurat dalam bentuk elektronik ini sangat mudah digunakan sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting untuk menunjukkan “at” atau “pada”.



 Kejadian penting
1979     
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom TruscottJim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of    North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah. CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue UniversityUniversity of WashingtonRAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982.Istilah "Internet" pertama kali digunakan,Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1986. Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan  DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Tahun 1972, Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail yang telah ia ciptakan untuk ARPANET. Program yang ditujukan untuk surat-menyurat dalam bentuk elektronik ini sangat mudah digunakan sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting untuk menunjukkan “at” atau “pada”.

Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama  USENET. 


Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.


Tahun 1990: Tim Berners Lee menemukan program editor serta browser yang bisa menjelajah antar komputer hingga terciptalah sebuah jaringan. Program tersebut yang akhirnya diberi nama www atau World Wide Web.

Tahun 1992: lebih dari 1 juta komputer saling berhubungan dan membentuk sebuah jaringan dan menumbuhkan istilah baru, yaitu Surfing The Internet


Tahun 1994: situs internet tumbuh dan berkembang menjadi 3.000 alamat halaman.

Tahun 1994: untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet.

Tahun 1994: Yahoo! Didirikan sekaligus menjadi kelahiran Netscape Navigator 1.0.



Jaringan Lokal (LAN)


Jaringan area lokal (bahasa Inggrislocal area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampusgedungkantor, dalam rumahsekolah atau yang lebih kecil. 

Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Eternet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Eternet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-Fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-Fi biasa disebut hotspot.


Dengan teknologi LAN ini kita dapat saling berbagi data yang telah kita simpan dalam folder sharing, selain itu juga kita dapat menggunakan 1 printer secara bersama-sama dalam satu jaringan komputer lokal ini.



 LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:



  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi pusat sumber yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
Sejarah
Akhir tahun 1960-an Peningkatan permintaan dan penggunaan komputer di universitas dan laboratorium riset membutuhkan tersedianya interkoneksi kecepatan tinggi antar sistem komputer. 

Tahun 1970 Sebuah laporan dari Lawrence Radiation Laboratory menjelaskan pertumbuhan jaringan Octopus mereka memberikan indikasi situasi yang bagus.

Tahun 1974 Cambridge Ring dibangun di Universitas Cambridge namun tidak sukses sampai ke tahap produk komersial.

Tahun 1973-1975 Eternet dibangun di Xerox PARC dan dipatenkan di Amerika (U.S. Patent 4.063.220). Pada tahun berikutnya setelah sistem selesai dibangun di PARC, Metcalfe dan Boggs mengumumkan makalah "Ethernet: Distributed Packet-Switching For Local Computer Networks."

ARCNET dibangun oleh perusahaan Datapoint pada tahun 1976 dan diumumkan tahun 1977, Itu adalah pemasangan komersial pertama dibuka pada bulan Desember 1977 di Chase Manhattan Bank New York.
Pengembangan dan penyebaran komputer pribadi menggunakan sistem operasi CP/M di akhir 1970an, kemudian sistem dasar DOS mulai tahun 1981, menunjukan banyak situs yang tumbuh dari puluhan sampai ratusan komputer.

Dimulai sekitar tahun 1983, pakar industri komputer secara teratur menyatakan tahun yang akan datang sebagai "Tahun Jaringan Area Lokal".



 Kecepatan akses internet

Biasa disebut juga kecepatan transfer data, kecepatan koneksi dan lebar badwidth.
Untuk mengukur luas menggunakan satuan meterpersegi atau m2, sedangkan mengukur besarnya data yang dilewati suatu menggunakan satuan 'bit'.

Bit berasal dari kata Binary Digits, Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Jika satuan waktu yang gunakan adalah sekon, maka kecepatan akses diukur dengan satuan bitpersekon atau bps.

Selain bit dikenal juga satuan 'Byte', Satu Byte adalah 8 satuan bit yang digabung menjadi satu
1 Byte = 8 bit
1 KiloByte (KB) = 1.024 bit
1 MegaByte (MB) = 1.024 Kilobit
1 GigaByte(GB) = 1.024 Megabit
1 TeraByte (TB) = 1.024 Gigabit
1 PentaByte (PB) = 1.024 Terabit

ika kita mendapatkan penawaran paket layanan Internet dengan kevepatan 1 Mbps, itu artinya 1 mega bit per second atau 1.024 kilo bit per second (Kbps). Untuk mengetahui berapa kecepatan download/transfer sebenarnya maka harus dikonversi lebih dulu ke satuan Byte, dengan cara dibagi 8, yaitu:
1.024 kbps/8 = 128 KBps (kilo Byte per second).
Ini artinya, kecepatan transfer datanya adalah 128 KB dalam satu detik.
Jika kita ingin mendownload file vidio memiliki besar kapasitas 230.4MB atau 230.400 KB, maka dengan paket Internet 1Mbps di atas, kita akan membutuhkan waktu selama:
(230.400 KB)/(128 KB/detik) = 1.800 detik atau 0.5 jam.

Sumber: wikipedia dan www.jalawave.net.id/ 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar